Saat usaha PJTKI mulai mengalami penjenuhan, karena banyak
nya prospek tak berbanding lurus dengan angka closing, persaingan sesame
sponsor yang notabene nya asli pribumi, potongan TKI di kurangi sebagai upaya
pemerintah mengurangi peran sponsor yang mengharap pada sponsor fee, dan perubahan2 lain dari system di bnp2tki yang
menyangkut sponsor, mengakibatkan perjalan ku di dunia TKI mengalami titik
jenuh, di tambah lagi masalah classic seperti document tki tidak lengkap, usia
ctki yang belum genap 21tahun, atau yang lebih dari 40tahun menjadi dilema
simaakama, kita bantu proses dengan jalan memanfaatkan mafia document agar bisa
diproses yang sudah barang tentu menyalahi aturan, namun jika dilewati faktanya
selain sulit mencari ctki prospek , kebanyakan tki/w yang proses document nya
bermasalah, kta tak bisa menutup mata betapa sponsor berperan penting
mensukseskan TKI/W yang secara factual tak bisa diproses demi sebuah target
pencapaian, karena mata pencarian sponsor parameter nya adalah berapa banyak
tki/W yang kita dapat proses di PJTKI (bagaimanapun cara nya yang ppenting bisa proses) .
Dari perjalanan setahun, yang sebelum nya melihat industri
CTKI di ponorogo adalah prospek bagus karena pasar nya yang tak pernah mati
sebagai penyumbang tkw terbesar ke asia timur. Karena fakta di atas setelah
menjalani aktifitas sponsor mulai merasakan ketidak tenangan untuk menjadi
sandaran ekonomi sehari2 di bidang ini, lantas apa langkah yang tepat untuk
keberlangsungan kehidupan keluarga kami di ponorogo. Yang pasti nya untuk
menjual kemampuan di bidang IT saya butuh waktu lama,dan prospek ekomomi nya
pencapaian nya tak secepat saat kita menjadi marketing. Namun jika di ponorogo
kendaraan marketing apa yang bisa mengantarkan menuju kesuksesan. Dari
pengamatan saya bahwa dunia finance/perkreditan memliki prospek cerah untuk alternative saya bisa
sukses di ponorogo.
Melihat prilaku ekonomi masyarakat ponorogo yang sebagian
besar petani, TKI, dan pengusaha kecil menengah, adalah pasar yang potensial
untuk perkembangan perkreditan rakyat. Fakta nya dari perempatan jetis menyuju
taman sari tak kurang 17unit pelayanan kredit dengan berbagai produk nya, salah
satu pemain besar nya kita bisa lihat Mandiri, CIMB Mikro,Teras BRI,dan
pegadaian berlomba mengolah pasar kredit di area yang berdekatan,belum kta
sebutkan BPR,Koperasi dan BMT sebagai pemain dibawah nya. Dari sini saya melihat passion untuk saya dapat bisa berkembang bidang ini. Karena
memiliki segmentasi pasar pengusaha kecil menegah, petani dan pekerja lain. Yng
secara pendekatan pada target lebih mudah di banding pendekatan untuk
menawarkan proses keluar negeri pada CTKI.
Yang menjadi kekuatan saya untuk dapat sukses di bidang ini
apalagi jika saya bisa bergabung dengan bendera raksasa seperti missal dsp,jatim atau mega, pasti nya memiliki nama besar mereka punya credibilitas yang besar, jaminan LPS,dan bunga rendah yang menjadi nilai jual
sangat berharga pada target kita. Selain itu dengan menjadi bagian dari forum
jual-beli di ponorogo, dan organisasi di masyarakat pasti nya menjadi kendaraan
praktis memperkenalkan produk saya. Selain itu yang terpenting adalah
personality yang saya punya yang mudah bergaul, mudah beradaptasi dengan
lingkungan baru,dan passion/smangat yang tinggi,apalagi dengan ada nya anak istri
dirumah buat saya semakin berfikir target
oriented, karena jika saya menjual di kemampuan IT sesuai disiplin saya maka
pencapai an yang saya dapat tak secepat bidang ini.
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana saya bisa bergabung dengan salah satu bendera besar, lalu memahami produk knowledge, setelah itu membuat mind mapping dan menetapkan strategi apa
yang saya jalankan untuk bisa saya sukses di sini. Nothing GREAT was ever achieved without antusiasme kalimat ini akan menjadi ruh saya dengan
mulai mencintai pekerjaan marketing yang keras, penuh tekanan target, dan
dinamikanya yang menantang. Dan saya aka menjadi pemenang saat nya nanti…’