Friday 10 May 2013

Kerja ke korea-Jepang



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1MAlR5l9yQ2a-S-Gn4s65Z1Yd1xuKSLHAKpzmsej4m5IODSbeIxO20QeN-G_djF33mFzpDicwIsQMJ2_ILok7Zl1UqOHy2EeHU5Jwvm3qobRTSSIoLcfrMGXbdX_GQPtVu4Hf0Q3p4Xo/s1600/JPNvKOR.jpgSalah satu penyebab marak nya korban penipuan ke luar negeri karena para jobseeker/ para peminat kerja keluar negeri malas mencari detail informasi, ingin segala sesuatu nya secara instan,  sehingga mudah terpedaya oleh penawaran2 menggiurkan tanpa tahu prosedur proses di pemerintah atau BNP2TKI. Salah satu informasi yang banyak membuat banyak korban tertipu oleh pihak yang memanfaatkan kesempatan ke luar negeri adalah pihak yang mengecoh dengan dalih kesempatan kerja ke KOREA dan JEPANG, banyak yang dengan bermodalkan mimpi dapat bekerja di di JEPANG dan  KOREA dengan gaji di atas rata-rata, namun karena minim nya informasi akhir nya terperangkap dengan proses pendidikan bahasa yang tak berujung, akhirnya banyak rela dengan proses illegal sekalipun asal dapat terbang, terbang dulu disana gmana nanti, wal hasil tak kunjung terbang, uang pun melayang. 

Semenjak KOREA dan JEPANG menjadi program TKI mandiri, dengan proses melalui disnaker setempat, menjadikan tumbuh suburnya lembaga2 pendidikan persiapan kerja ke KOREA dan JEPANG, dan ini sah tidak melanggar aturan yang ada namun yang di sayangkan saat LP yang ada menawarkan janji2 dapat membantu proses lebih dengan jalur khusus, inilah yang membuat saya pribadi begitu prihatin dan gemas dengan prilaku mereka. Mereka bekerja mencari nafkah untuk keluarga nya makan dari hasil memperdaya pencari kerja, namun tak sepenuh nya di salahkan karena peminat jepang korea sendiri kurang pinter cari2 informasi sisdur proses nya, padahal di BNP2TKI sudah sangat jelas  informasi nya.
Inti nya prsedur kerja LEGAL ke jepang dan korea hanya melalui 1 pintu yaitu disnaker setempat, jadi jika memang benar ingin bekerja ke Jepang atau Korea, berikut saya coba share sedikit saran agar proses tidak buang2 uang, tenaga dan waktu.

1.       Pelajari prosedur proses, persyaratan dan pahami benar dengan baik, sehingga sudah memiliki dasar informasi yang kuat untuk proses agar tidak terkecoh.
2.       Harus memiliki persiapan yang matang untuk mengikuti proses test seleksi yang di ikuti ratusan ribu orang se Indonesia, siapkan mental menjadi pemenang, lalu pilihlah lembaga kursus bahasa untuk mematangkan persiapan, jadi jangan Cuma miimpi besar tapi males belajar, persiapan apa ada nya, yang ada Cuma buang2 waktu, tenaga,duit yan nga sedikit.
3.       Dalam proses ke korea jepang nga ada yang instan, harus siap menjalani proses panjang min 6 bulan mulai dari persiapan test (EPS), menunggu pembukaan waktu seleksi pemerintah, sending doc, hingga terbang, maka nya dalam praktik nya smpe ada yang menunggu 2 tahun belum ada kejelasan padahal telah di nyatakan lulus seleksi, Tanya kenapa..? ya saya jelas nya nga tau coba aje ente tanye ame yang dah nuggu 2 taon bahkan ampe ade nyang smpe jenggotan

Inti nya kita harus memiliki semangat juang yang tinggi untuk bagaimana cara nya bisa lolos seleksi dan dan yang terpenting jangan sampai di manfaatkan lembaga pelatihan untuk mendaftar namun kita hanya mengikuti ,setelah didalam baru tersadar betapa proses ini tak mudah, dan yang di untungkan adalah para LP.
Semua kembali pada kita, semua adalah pilihan jika ingin sukses maka jadilah pemenang, dan pemenang itu jalan nya pahit bung, klo mau santai2 ngapain ikut proses ke JEPANG-KOREA, karena kerja disana nga bsa santai, klo mau enak cari cangkruk’an trus ngopi smbi gitaran, sambil ngimpi deh kerja gaji gede di korea jepang.. ..

Success is Journey, it’s not destination