Saturday 28 May 2011

Investasi media

Mencermati karakteristik konsumen kita bahwa 1 hal yang sangat mudah terlihat bahwa pasar kita senang dengan berita2/media yang bombastic, media sangat berperan untuk branding product,siapa yang mengusai media, dialah yang menguasai pasar, itulah slogan yang pas untuk prilaku konsumen kita, Awal 2000-an, kta masih melihat betapa perkasanya Honda dan Suzuki menguasai market share pasar motor di Indonesia, seolah sulit ATPM lain mengejar ketertinggalan yang begitu jauh dengan dua raksasa motor di nusantara.

Dalam perkembangan motoGP setelah hijrahnya sang juara _Valentino Rossi ke Yamaha. Momentum ini benar2 di manfaatkan YMKI untuk menjadikan VR sebagai icon Yamaha di Indonesia, berbagai media begitu gencar dengan branding seolah mengkampanyekan bahwa valentine rossi adalah Yamaha, dan motor Yamaha adalah motor nya sang juara, hingga berani menjadi sponsor acara motoGP selama 4 tahun berturut2 hingga hari ini walau sang maestro tlah di gantikan sang Juara baru J’Lorenzo, dan terbukti dengan kerja keras dan keberanian YMKI, icon momentum juara ternyata sangat pas di usung Yamaha, yang memang dalam 5 tahun ini begitu mendominasi kompetisi balap motor yang paling bergengsi di dunia. Hal ini berimbas pula dengan tim local di kompetisi balap dragrace nasional yang juga mendominasi juara nasional, dan kini Yamaha hanya terpaut tipis dengan Honda dalam perebutan pasar motor di nusantara yang 5 tahun lalu masih di bawah bayang2 suzuki.

Perang market motor memang begitu panas, setelah 2 ATPM besar hampir gulung tikar –Kymco,Kanzen- juga habis nya era motor cina, kini kembali selain satu demi satu motor cina kembali hadir, dengan mengusung motor nasional lah, motor teknologi jerman lah, Mm.. cape’ juga ATPM baru pun hadir siap menggempur pasar Indonesia walau memiliki segmen berbeda, kita bsa lihat Piagio vespa, juga motor mlaysia yang siap hadir. Kita tinggal melihat bagaimana seru nya psywar selanjut nya.

Langkah ATPM TVS yang mengusung merah putih sebagai simbol semangat kemenangan sangat tepat untuk branding di masyarakat, apalagi menjelang event sea games di jakarta, semoga konsistensi dan kualitas sebagai motor dunia terus di jaga, hingga pada akhirnya masyarakat pun bangga memilih TVS.

Mc.Grey ApacheB6425TSA