Monday 25 February 2013

Melamar sebagai AO…’

Awal tahun 2013 ini saya coba untuk menjual kemampuan marketing saya dengan menjadi seorang AO di Danamon,Bank Mega, Bank  Jatim. Mmm….kalo sampe di terima ini adalah pekerjaan yang lumayan excited banget kemana-mana yang dipikirin pasti target,nga masuk target pasti di cekik ni….hehe,trus  lantas bagaimana dengan PJTKI yang sedang berjalan. Ya jika melihat perkembangan di lapangan dan perubahan system ini itu di bnp2tki rasa nya bukan piihan yang tepat jika masih berharap banyak di pjtki, maka nya saya lebih prefer buat cari lahan baru yang bisa lebih buat saya berkembang kedepan yang salah satu nya coba ikhtiar lamar sana sini lagi, tapi lowongan di ponorogo nga sebanyak di Jakarta,makanya untuk sekarang saya lebih prefer buat jadi marketer yang tangguh di sini, nga harus fanatic sama disiplin dlu, sekarang mah bagaimana kita kerja, bukan dimana kita kerja,karena klo nga gini kapan saya bisa kaya, satu hal yang kudu di catet, 70% orang kaya adalah orang yang sukses dalam penjualan, itulah kerjaan  nya orang marketing. 

Jadi AO di bank, yang jadi masalah besar saya bukan saya nga bisa jualan, jualan mah dah biasa buat saya, tantangan nya saya harus cepat mempelajari berbagai knowledge seputar perkreditan. Karena klo saya keterima berarti saya memposisikan diri sebagai konsultan bagi para pengusaha kecil menengah dalam mengembangkan usahanya, karena bagi kebanyakan usaha mikro pasti nya kesulitan jika harus membuat laporan keuangan sederhana untuk meneruskan dalam pengajuan kredit usaha, dan pasti nya dalam penetapan kredit kudu jeli dalam analisa resiko nya buat memilah kreditor sehat dan sakit, serta kreditor baru yang potesi maju nya tinggi dan sebagai nya, inti nya kudu punya kemampuan analisa yang kuat. Trus gimana disisi lain si bos bikin target pasti nya gila2an, ya kita jalani aja nti klo kterima, lha wong keterima aja belum kok dah panic.

Alas an kedua yang buat saya tertantang pengen banget gabung sebagai AO karena ada motivasi dari perjalanan temen2 dijakarta yang sukses di KTA, juga banyak family yang sukses di leasing, mereka menjalani jenjang karier lebih cepat di banding staff lain, Tanya kenapa… karena dari hasil sharing orientasi nya bukan target tapi bagaimana hari ini dapat hasil, inti nya mah kudu punya sikap mental yang baik buat  melihat sisi positif dari setiap kondisi. Kudu bisa beradaptasi dalam kondisi apapun, serta segera bangkit saat lelah, jenuh bahkan saat jatuh sekalipun. Itu wejangan dari para sobat2 yang dah duluan sukses di bidang perkreditan. 

Klo di Jakarta bank2 pada gencar nawari produk kredit tanpa agunan (KTA),KKB, dan Kartu kredit yak karena pelaku ekonomi disana kebanyakan karyawan yang punya gaji. Beda di metropolitan beda di desa,  dalam perekonomian di ponorogo tak bisa terlepas dari kredit usaha,karena pelaku ekonomi didominasi para petani dan pengusaha2 kecil, makanya koperasi di ponorogo ibarat jamur dimana-mana ada, bank2 konvensional pun mulai turun gunung mengembangkan pasar dipedesaan. BRI mulai membentuk Teras BRI yang perkembangan nya luar biasa pesat, setelah itu Bank Jatim dengan UMKM nya mulai menjamur di setiap kecamatan, CIMB Niaga, Mandiri,Bank Mega, Danamon bahkan Mandiri Syariah mulai ikut bermain di pedesaan.  Wih … ngeri juga ni klo raksasa nasional dah mulai turun gunung, pastinya koperasi ,BMT dah mulai ketar-ketir karena nga mungkin bisa menyaingi bunga rendah dari para raksasa, pastinya juga secara tim, pemasaran, dan strategi nya lebih canggih lama. Tapi biarlah itu ada, yang terpenting sekarang  bagaimana saya bisa gabung dan berbicara banyak sebagai actor kecil2an dalam perkreditan usaha kecil menengah.

Moga aja dari beberapa lamaran ada yg nyangkut ya .. amiiin