Friday 8 March 2013

Kerja ke Oz..? Mau


Karena banyak nya teman2 para CTKI yag menanyakan bagaimana peluang kerja ke ausie(Oz),new zeland(Nz) atau eropa maka pada kesempatan ini saya coba jelaskan dari berbagai sumber pengetahuan yang saya tahu agar dapat menjadi pertimbangan para rekan-rekan yang mau kerja ke ausie khusus nya.  
Untuk kerja formal ke ausie setiap tahun memang selalu ada biasa nya tender prekrutan nya biasa di pegang pt binamandiri malang, itu biasa nya untuk tenaga2 teknik, jelas nya bisa lihat disini. Namun fakta nya banyak imigran di Oz yang sukses di sana sebagai tenaga kebun, ternak atau kitchenhand, dan tenaga kasar lain, karena iming2 gaji yang tinggi akhirnya banyak peminat yang unskilled dengan modal nekad n modal kemampuan apa ada nya ingin bekerja di Oz.
Biasa nya mereka yang sukses sebagai pekerja kebun melalui visa student, atau invited dari teman disana.
Namun fakta nya tak jarang melalui jalur visa tour, yang ditawarkan beberapa travel agent menawarkan jasa.hati-hati penawaran inibanyak penipuan lho..  Perlu di catat bahwa pengajuan visa ausie tu sulit banget bro, persyaratan nya rumit, bisa di lihat di sini. Terlepas dari itu semua, ada pihak2 yang bisa memamfaatkan celah ditengah sulit nya pengajuan visa dan membantu aplikasi dan fakta nya memang ada beberapa yang bisa lolos pengajuan visa tour nya dan sudah berangkat kesana dan bekerja disana secara overstay. Saya pribadi berpendapat lebih baik jangan  mudah tergiur dengan gaji besar dinegara kaya raya. Berikut alasan dari sharing saya dengan teman disana.
·         Bekerja illegal disana sangat tidak mengenakan, dari nama nya aja dah illegal pasti nya penuh dengan perasaan was-was takut ada sweeping, pasti nya klo pas apes bisa dipenjara dan dipulangkan paksa ke indo, dah gtu di blacklist nga bsa kesana lagi selama ya. Tapi banyak juga teman2 yang dah 8 bulan bahkan lebih dari setahun ga ada majalah bekerja illegal disana. Trus bagaimana pulang nya, pulang pasti nya di blacklist karena dah tinggal mlebihi masa permit (overstay).
·         Kita nga boleh sakit selama overstay dan bekerja illegal disana, karena nga ada jaminan kesehatan dari tempat kita kerja, and biaya pengobatan disana 50 dolar, tu baru dokter nya belum termasuk obat.sedangkan gaji kerja kebun aja kisaran 12-15dolar/hari. Blm buat makan malam dan kost, so jangan pikir duit segitu gede bro disana.
·         Kta nga bisa buka tabungan, jadi klo kirim uang ya dengan kurs dan biaya transfer yang mahal dan merugikan kita.
·         Kita kerja dengan posisi yang salah dan biasa nya kontrak kerja pun semau nya si majikan, karena nga ada perlindungan hukum buat pekerja illegal, jadi siap2 pahit klo majikan nga suka pasti nya majikan mau semau nya pun nga ada tempat kita mengadu,mau nangis ya nangis aja sapa suruh kerja illegal.
So buat yang mau coba2 kerja di ausie jangan gampang kepengaruh gaji gede, dll.. pikirin dulu yang di atas klo sudah benar2 siap ya monggo di coba n pasti nya buat proses kesana juga butuh modal banyak buat ini itu sekitar 30 – 40jtan,tu jga klo visa kita di acc, klo nga buang duit sama aja,belum lagi klo di tipu agent travel dll. Saya pribadi juga punya jalur pengiriman ksana,so far sejauh ini nga majalah, bahkan beberapa doc dibantu. Tapi dengan alasan diatas nga saya rekomendasikan buat teman2 proses ke Ausie secara illegal.
Klo saya pribadi mah mending beli tuyul trus rampok diskotik,café, tempat2 maksiat lain,trus duit nya bagiin orang miskin,janda2 cantik ( ups cuma bejanda bro). inti nya kerja nga enak bro,jangan mimpi bisa sukses jadi pekerja illegal di luar negeri,walau toh fakta nya ada juga yang bisa sukses dengan cara ini.
“ Think more to go there…’