Monday 4 March 2013

PONOROGO apa adanya


Setahun dim ponorogo pasti nya saya yang dulu nya banyak tinggal di kota besar  banyak menemukan hal-hal baru, wah poko nya klo smpe di tulis males baca pasti nya karena kebanyakan. Cuma ada sedikit uneq2 dari jalan2 saya di tanah reyog, berikut saya coba persingkat point yang buat saya ingin banyak berbicara disini.
  •  Dalam sejarah nya ponorogo memiliki sejarah religi yang panjang sejak kejayaan hindu di jawa timur sampai berkembangnya islam di ponorogo, yang kini 90% penduduk nya muslim. Bahkan karena banyak nya pesantren di ponorogo dikenal sebagai kota santri,denger2 tak kurang 400 lebih pesantren terdaftar di ponorogo, namun suasana religi hanya tampak pada saat acara kendurian, simaan, yang Cuma bsifat seremonial,dan banyak bid’ah alias nga ada tuntunan nya dari Rasullulah Saw,  yang tidak bersifat subtansi, bahkan sangat miris banyak bangunan masjid megah karena banyak masjid wakaf dari donatur kuawait melalui gontor hanya terihat saat magrib, isya. Bahkan tak sekali saya temukan zhuhur, ashar tidak ada aktifitas jama’ah, bahkan ashar di dusun ku jam 4 lewat karena alasan saat orang pulang dari sawah. Mm…??                                                              Jum’atan pun tak seramai di kota besar, apalagi saat bulan puasa manusia setan berkeliaran dimana-mana, ky nga punya rasa malu. Poko nya mah sangat tidak mencerminkan sebagai kota santri deh. Inilah ladang dakwah sesungguh nya bagi yang kata nya aktifis dakwah, banyak nya pesantren karena santri nya 80% lebih dari luar jawa, alasan kedua karena tingkat kebodohan masyarakat yang tinggi,akibat nya kesadaran beagama nya rendah sehingga lebih mengedepankan apa yang orang tua dulu lakukan hingga jadi turun temurun,sulit menerima hal2 baru. Serta pembinaan dalam keluarga kurang sehingga mental masyarakat kebanyakan …’ ponorogo memiliki tingkat divorce/perceraian tertinggi di jatim,karena pendidikan keluarga yang kurang, banyak nya wanita sebagai penyanggah rumah tangga memilih bekerja diluar negeri,pengawasan keluarga yang sangat lemah sehingga pergaulan terbentuk lebih rusak dari jakarta, hingga dari cerita teman2 disini keperawan sudah sebegitu murah nya, karena rusak nya mental muda-mudi kebanyakan disini, beberapa bulan lalu(nov 2012) nga habis fikir heboh siswi smu PGRx 2 melahirkan di kamar mandi. Nau’zubillah.. sebuah ironi di kota santri,mungkin lebih tepat di sebut kota reyog mendem krna yang muda pada mendem yang tua cma bisa meneng.
  • Perkiraan saya, prilaku ekonomi masyarakat sini 60% bertani, 20%TKI dan sisa nya pengusaha,dan buruh. Dari kondisi ini saya katakan mubazir pemda buat mega mall yang sekarang lagi heboh, padahal Mall Luwes n Poper dah sangat mewakili untuk menjadi pusat belanja dan hiburan warga reyog, entah karena latah dengan kemegahan di kota dengan Mall2 nya, atau biar di bilang keren ponorogo punya Mega Mall. Dengan segmentasi pasar yang sempit pasti nya sangat bpengaruh buat Mall Luwes dan Poper, pasti nya dengan di bangun nya Mega mall ini akan banyak pengusaha kecil di pasar legi dan pasar2 lain akan penjadi korban kapitalisasi. Setelah sebelum nya telah banyak diserbu oleh indomart,alfamart, banyak toserba2 lokal ngap-ngapan bernafas. Kenapa juga tidak membangun sebuah pabrik pengolahan palawija skala besar atau mungkin bioetanol seperti Kalimantan. 

  • Tentang wacana dibangun kembali sarana kereta api ponorogo – madiun – jatim. Mm..!!! ya saya pribadi untung banget bisa ke Surabaya langsung naik kereta lebih nyaman, murah, cepat nga perlu naik bis. Tapi secara umum jika dilihat kondisi social ekonomi masyarakat sini belum terlalu membutuh kan KA, bahkan perkiraan ku akan menjadi mubazir, seperti nasib nya program kereta api Komuter madiun – Surabaya yang merugi dan cm kuat bernafas 3 bulan karena penumpangnya nga ada. Ya karena kebutuhan transprotasi sudah sangat diwakili dengan bus AKAP, AKAS di term seloaji, bahkan lewat jam 6 saja seloaji dah kaya kuburan sepi aktifitas sebagai terminal terbesar di ponorogo , ya memang karena dinamika masyarakat di sini tak sepadat kota, lewat jam 7 pun sudah tak ada bis antar kota bagaimana kalau ada kereta, apa nga mubazir tu dana milyaran, PT KAI yang mungkin bakal ngalamin kerugian karna bakal jarang orang ke ponorogo (kecuali pas mudik) naik kereta. bukan cuman itu aja karna rel yang dulu ada  udah dialih fungsikan jadi pasar. masyarakat pada bikin pasar dan bangunan bahkan rumahdi atas tanah kereta api ? tapi kenapa pemerintah cuman diem setelah sekian tahun lamanya, bukannya ditindak malah didiemin ? dua -duanya salah juga menurutku.

  • Nyang bikin gemes kaya nya tiap tahun tu jalan Raya Po-Trenggalek ada in perbaikan jalan, PU nya Lemot banget si, sebel nya lagi klo liatin petugas PU lagi foto in perbaikan jalan, tapi lubang nga abis2, n repair nya jg nga cihuuy.. alias katrox jalan jadi nga rata, wah poko nya mah nikmatin sendiri sensasi goyangan hot di jalan2 di JL Raya Po-Trenggalek sampai sawo, nti saya banyak cerita di bilang jelek2 kin lagi. N sory banget bahasa nya agak kasar karena kantor pu deket banget dari rumah ane, jam 12 aja tu kantor dh pada sepi, sebagai orang nyang nga tau2 apa pasti nya bpikir ngapain aja tu orang kerja disitu urus jalan depan kantor aja nga kelar2,dh krja setengah hari, sabtu minggu libur, status pns lg (bisa makan kenyang, tidur pulas), nti ditanya mslh jalan banyak rusak, ujung2nya alasannya anggaran nya kurang bro bupati .. halah capeekkk….’!!!