Sunday 7 April 2013

Canada Working Like Holiday 2


http://45ni.files.wordpress.com/2011/10/cimg1409.jpgBiar adil berikut sisi negatif buat yang mau mengadu nasib di canada, pasti nya jauh dari indonesia.. iya lah jauh banget brur, kudu tebal iman yang muslim karena suasana disana secara nga langsung buat kita susah shalat,apalagi shalat shubuh,zhuhur,ashar... but its depend on ur belived, everything,everywhere is ok for really moslem... Insya Allah   

  1.  freakin’ cold. sehangat2nya canada, masih dingin kalau buat kulit org melayu. dingin ekstrim sih jarang ya, tapi winternya lama. contohnya di toronto skr sudah mau menjelang bulan april gini, masih aja bersuhu 0. sampai2 ada teman yg apartemennya punya teras, menaruh segala persediaan makanan di terasnya (kulkasnya penuh). seperti daging, telur, ikan, semuanya ditaruh di lantai teras (kebetulan dia tinggal di lt 17, nggak kelihatan tetangga). 
  2. orang2 terlalu birokratif, kadang2 suka gemez geregetan kalau harus nunggu bertele2.
  3. selesai musim dingin, musim hujan yang berkepanjangan. bikin bete kalau antar jemput anak. karena harus beli sepatu setiap musimnya….(hiks).
    4.       harus punya garasi mobil, kalau tidak….siap2 aja tiap pagi bersihin kaca mobil yang diselimuti es setebal 1-2 cm (winter). malah kadang suka nempel sehingga harus punya ekstra 1 jam sebelum berangkat pergi. 
    5.   masih winter, ribet kalau mau pergi2 karena harus ‘mbungkusin’ anak2 dengan baju hangat, dimana ini pekerjaan yg membutuhkan ekstra kesabaran.
    6.   tiket pulang ke indonesia mahal nggak ketulungan. kalau dari dallas dulu cuma 1200 sudah PP dan pake pesawat paling wokeh. kalau dari sini? wayah liburan sih bisa 2000 per orang. matek ga tuh?
    7    untuk saat ini, canadian dollar kedudukannya sama dengan USD. dampaknya nggak bagus buat turis yg mau kesini, karena harga2 otomatis menjadi lebih tinggi. contohnya, disetiap majalah/buku selalu tertera 2 harga, USD dan CAD, dimana CAD pasti lebih tinggi nominalnya (dulunya kan CAD lbh rendah jadi itung2 harganya sama deh). sekarang, karena ekonomi AS sedang turun, dampaknya berpengaruh bagi turis asing (salah satunya mertua saya pas beliau berkunjung kesini tempo hari), harga2 berasa mahal dan nggak manusiawi.
    8    ini hal yg paling aneh dan mengherankan buat saya. walaupun ini negara lebih teratur, namun pemakaian ganja/obat terlarang tidak dilarang, selama tidak mengganggu ketertiban dan hanya dipakai untuk keperluan pribadi. walaupun distop dijalan, dan kebetulan membawa ganja dimobilnya, masih bisa dibebaskan
    9.   asalkan tidak melebihi berat tertentu dan hanya dipakai sendiri (bukan dijual-belikan).
            terus terang bagi imigran baru yg datang dari negara asal/origin, mencari pekerjaan sesuai impian adalah miracle. kecil kemungkinan, tapi peluang pasti ada lah. apalagi sudah dibekali segudang pengalaman terutama yg spesifik, insya allah semuanya lancar. bahasa inggris adalah kunci utama, jadi jangan sia2kan waktu, ambil kursus bahasa sebisa mungkin sebelum kesini. walaupun disini banyak sekali disediakan sarana belajar bahasa inggris bagi pendatang baru, tapi apa salahnya kalau dipersiapkan dahulu.
    10. gak tahan sama tax nya bhow! semua2 kudu di tax. ada 2 tax yg berlaku, PST (provincial sales tax – tax yg ditetapkan oleh provinsi), dan GST (goods and service tax), dimana berlaku hampir semua jenis produk kecuali bahan makanan mentah, medical, sewa rumah dan hal lain yg bukan bersifat barang. di Ontario, propinsi dimana saya tinggal, kami harus membayar 13% untuk hampir semua pembelian. paling nyebelin kalau ke mall, atau jajan di resto, liat harganya yg murah udah girang duluan, tau2 pas bayar…kok segini??? hiks.

    sumber http://sisesu.wordpress.com/