Monday 29 April 2013

Sektor Kontruksi di Taiwan menjanjikan bagi TKI


http://www.infoiklangratis.com/images/premium/7b7268d525b1d922a48fe390754b681b.jpgPekerjaan sektor konstruksi yang pertama bagi TKI di Taiwan adalah proyek milik pemerintah Taiwan yang dikerjakan oleh Kung Sing Engineering Corp. Proyek ini diberi nama “The Tunnel Construction for Provincial Highway No.9 Improvement Project Guan-Vin Section” dan berlokasi di wilayah Hualien. Pada 21 Desember 2012, Kepala Bidang Tenaga Kerja KDEI Taipei melakukan kunjungan ke lokasi proyek untuk melihat kondisi dan jenis pekerjaan serta akomodasi yang akan diperoleh TKI. Berdasarkan Rekomendasi CLA dan Demand Letter Kung Sing Engineering Corp, surat rekomendasi dari BNP2TKI No B1676/PEN/REKOM/XII/2012 dan hasil kunjungan ke lokasi proyek, maka Chung Hua Employment Service Co bekerja sama dengan PT Trias Insan Madani, PT Ansfrida Famili dapat menempatkan TKI ke Taiwan untuk Projek tersebut sebanyak 155 orang.



Pada tanggal 23 Januari 2013, Kepala Bidang Tenaga Kerja KDEI Taipei mengunjungi para TKI yang akan ditempatkan di sektor konstruksi Taiwan. Saat itu para TKI berada di tempat pelatihan bahasa PT Trias Insan Madani di Jakarta. Mereka diberi gambaran tentang pekerjaan yang akan dijalani, lokasi sekitar proyek dan kehidupan di Taiwan. Para TKI diberi penjelasan tentang hak-hak dan aturan tenaga kerja yang berlaku di Taiwan. Mereka berjanji akan bekerja dengan baik dan tidak mempermalukan nama bangsa.
Lokasi pembangunan terowongan
Pada hari Rabu, 20 Februari 2013 KDEI Taipei yang diwakili oleh Wakil Kepala KDEI - Bapak Suhirto, Kepala Bidang Tenaga Kerja KDEI – Ibu Sri Setiawati, dan Staf mengantarkan 30 orang TKI ke lokasi kerjanya didaerah yilan dan sekaligus memberikan pengarahan kepada mereka agar dapat bekerja dengan baik, sesuai aturan, aman dan nyaman. Perwakilan KDEI Taipei diterima oleh perwakilan dari Agensi Chung Hua Employment Service Co dan PPTKIS PT. Trias Insan Madani.
Lingkungan asrama
Pemberian arahan dan bimbingan untuk TKI
(Kiri) TKI ditunjukkan asrama yang akan ditempati   (Kanan) Foto bersama TKI
Angkatan pertama TKI yang bekerja pada pembangunan terowongan antara Yilan dan Hualien sebanyak 30 orang. Mereka telah tiba dan telah diberi pengarahan oleh Wakil Kepala KDEI Taipei – Bpk Suhirto di lokasi pembangunan terowongan tersebut. Wakil Kepala KDEI Taipei pada kesempatan tersebut berkesempatan melihat lokasi pembangunan, tempat penginapan TKI dan fasilitas lainnya. Harapannya, semoga TKI dapat bekerja dengan aman, nyaman dan sejahtera serta membawa nama baik bangsa.


Untuk gaji pekerja kontruksi Taiwan setara dengan Pabrik yaitu 18.780nt setara dengan Rp. 6.120.400-, jika di rata2 jika di gabung dengan lemburan berkisar antara 28.000nt – 33.000nt. Namun memang kapasitas pekerjaan dan risk setingkat di atas pekerja pabrik pada umum nya, tambah Suhirto.