Sunday 7 April 2013

Canada Working Like Holiday


Banyak nya pertanyaan2 seputar kerja ke Canada, akhir nya sy coba resume kan sedikit tentang berbagai info tentang tingga dan bekerja disana.. monggo chekidot disini, ato disini, ato disono mriki... 
Kanada adalah satu negara terbaik di dunia sebagai tempat untuk hidup, belajar dan bekerja dengan tidak membedakan antara penduduk lokal dengan pendatang.
10 Alasan kenapa harus memilih Kanada :
  1. Salah satu negara dengan standard hidup yang terbaik menurut PBB
  2. Kualitas sistem pendidikan yang diakui dunia
  3. Biaya kuliah yang terjangkau
  4. Kesempatan untuk bekerja yang terbuka luas
  5. Salah satu negara teraman di dunia
  6. Negara dengan jaminan kesehatan terbaik
  7. Negara dengan masyarakat multicultural
  8. Masyarakatnya sangat welcome dengan pendatang
  9. Negara dengan perekonomian yang maju
  10. Lingkungan geografisnya yang sangat unik
Sisi positive life di Kanada :
  1. canada adalah negara persemakmuran, dan masih dibawahi oleh queen Elizabeth II dari inggris. Warga negaranya terjamin hidupnya, baik dari segi ekonomi, sosial dan kesehatan. untuk kesehatan, semuanya ditanggung oleh pemerintah. jadi nggak pusing lah urusan bayar dokter atau asuransi, kalau sakit tinggal ke dokter/RS bawa kartu medical. walaupun tidak semua jenis pengobatan ditanggung, tapi biasanya perusahaan tempat bekerja menawarkan benefit seperti gigi, mata, extended health care lainnya yg bersifat optional.
  2.  orang canada ramah-ramah dan welcome sama pendatang. pertama kali saya menginjakkan kaki di Pearson airport – Toronto, terkaget2 juga melihat semua petugas imigrasi yang murah senyum. kalau kita bertanya, mereka dengan senang hati menjelaskan panjang lebar.
  3. sekolah dari TK sampai SMA gratis klo kita jadi PR disana.
  4.  Tiap bulan tiap anak dapat tunjangan, besar kecilnya nominal tergantung pendapatan per-keluarga. tapi paling tidak, untuk dibawah 6 tahun, pasti dikasih pesangon buat membantu bayar day care.
  5. Jangan takut dengan kriminalitas. lain disini lain di AS. selama sekian tahun saya di AS, belum pernah saya kepikiran untuk naik kendaraan umum kota. bawaannya takut aja. toh punya mobil disana mudah dan lebih ringkes ketimbang naik bus/KA. disini, baru pertama kalinya dalam hidup saya merasa aman dan bebas melepas anak jalan kaki ke sekolah. baru kali ini juga saya dengan leluasa tanpa berpikir panjang kalau harus naik bus/KA ke tempat2 tertentu. biarpun malam2 juga masih banyak melihat anak2 kuliahan atau orang2 pekerja yang masih dengan gigihnya menunggu bus di halte. malah sekarang, si babeh ketagihan naik KA kalau kerja, karena pemandangannya bagus dan keretanya bagus banged.
  6. masih dalam urusan kriminalitas, disekolahpun, anak2 tidak ditekankan untuk tidak berbicara dengan sembarang orang. motto spt di AS : “don’t talk to strangers” yg tidak bosan2nya diterapkan ke anak2 sekolah, tidak berlaku disini. tadinya saya pikir suatu kekhawatiran, karena takutnya anak2 jadi gampang percaya sama orang. tapi memang tingkat kriminalitas sangat rendah, sehingga belum sampai berpikiran negatif terlalu jauh seperti di AS atau di Jakarta apalagi. ditambah lagi, orang canada dasarnya murah senyum…jadi benar2 seperti hidup di jaman kerajaan dulu kali yah. tapi teteup, kalau pas penjemputan anak2 sekolah, ortu/wali harus lapor ke gurunya dulu.  
  7. tanahnya masih luas, banyak pemandangan2 alam yg masih asli dan fresh belum terkena polusi dan tingkat kelembaban lebih tinggi, bagus untuk orang yang gampang alergi seperti si babeh, yg dikit2 sinusnya kumat gara2 kadar pollen tinggi dan kelembaban terlalu kering. alhamdulillah anak2 yang dulunya sempet dicurigai ada bibit2 gejala asma, disini nggak pernah kumat. insya allah…nggak pernah lagi. (amit2..).
  8.   kemana2 dekat dengan ski resort, dimana kalau winter tiba, tidak perlu planning pergi main ski jauh2. cukup di sekitar sini saja.
  9. lebih universal, karena banyak pendatang yg bermigrasi ke Canada. apalagi toronto, yg hampir 50% penduduknya adalah imigran dari seluruh dunia. jangan tanya soal makanan, mau jenis makanan dari negara manapun ada disini. dari yang beraroma jinten dan bau ketek sampe makanan yg pedes nya sampe bikin lidah kebakar juga ada. pasar2 asia tersebar dimana2. KJRI ada. orang indonesia segudang (walopun kita ga gaul blas). pokoknya, jangan khawatir bakal menyendiri dan tersesat.
  10. bagi yang bersekolah, setiap sekolah dari elementary sampai college ada ESL (english as a second language) program, dimana bisa membantu pelajar pendatang baru yg kurang fasih bahasa inggris agar bisa ‘catch up’ di sekolahnya.  
    Pasti nya walau kebanyakan wni bekerja di kanada sebagai low level atau maid worker pasti nya lebih baik dari hongkong, singapura , Malaysia, bahkan Oz n Nz..

    Thanks sisseo blog info nya…’


     

     


4.      
5.      
6.       
8.